Dalam dunia pertanian, komoditas Papaya California bukan hal yang baru. Papaya California merupakan veriatas unggulan dalam kelasnya. Berdaging tebal, berbiji langka, dan manis rasanya.Papaya jenis ini memiliki nilai ekonomi yang relatif stabil dan masa panen yang bisa dibilang cukup singkat.

Tak semua petani mampu dan tahu cara untuk menanam buah kaya manfaat ini. Inovasi budidaya Papaya California ini diperoleh dari Wagimin, seorang petani dari Desa Berta, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Awalnya Wagimin dianggap nekad karena mengubah lahan pertaniannya dari budidaya padi ke papaya. Ada 1.000 batang pohon Papaya California yang sekarang menjadi tumpuan pemasukan ekonomi keluarganya.

Inovasi Budidaya Papaya California
Inovator Wagimin
Alamat Desa Berta, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah
Kontak +62-895-3617-14338

Budidaya Papaya California dimulai dari penyiapan lahan. Lahan dibuat gundukan atau yang lebih dikenal petani dengan istilah buludan. Taburi gundukan tanah dengan kapur pertanian atau kapur dolomit. Kemudian gunakan pupuk NPK sebagai pupuk dasar.

Setelah lima belas hari tanam bibit papaya. Bibit yang siap tanam bila tinggi bibit mencapai 30 cm. Jarak tanam 2,5m X 2,5m. Dua minggu setelaj proses tanam, gunakan pupuk NPK dengan takaran satu sendok makan perpohon. Jarak tabur 15 cm dari batang pohon.

Untuk perawatan semprotkan fungisida pada pohon papaya. Penyemprotan ini berfungsi untuk mencegah jamur pada pohon. Lakukan perawatan dengan baik dan teratur.

Hindari pemupukan secara berlebih, kenali gejala gejala penyakit yang akan menyerang guna menentukan obat yang akan digunakan.

Perhatikan juga waktu penyiraman karna pohon papaya tidak boleh terlalu banyak air atau kekurangan air. Pada musim kemarau siram 5 hari sekali. Pembuatan buludan akan memudahkan proses penyiraman.

Setelah semua langkah dari persiapan lahan hingga perawatan terlaksana dengan baik, pada sumur 7 bulan Papaya California sudah berbuah dan sudah siap untuk di panen. Kelebihan budidaya papaya, panen dilakukan setiap 5 hari sekali secara terus menerus hingga pohon berumur 4 tahun.

Vendy Romadhona
Latest posts by Vendy Romadhona (see all)
%d bloggers like this: