Inovasi yang dilakukan Desa Dataran Kempas cukup mujarab. Mereka mampu mengembangkan produk unggulan desa yang banyak menyerap tenaga kerja. Kini, Desa Dataran Kempas berhasil menghapus angka pengangguran di desa.

Desa Dataran Kempas terletak di Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi. Desa ini memproduksi pupuk organik skala besar, yaitu 3.000-4.000 ton perbulan. Produksi pupuk organik yang dilakukan oleh lima kelompok tani yang dikoordinir oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Setiap kelompok tani mampu menyerap 80 tenaga kerja. Tak heran, usaha ini menghapus angka pengangguran di desa, bahkan mampu memperkerjakan masyarakat dari desa-desa tetangga. Usaha ini tak hanya menyerap tenaga kerja laki-laki, tapi para ibu rumah tangga sebagai karyawan.

BUMDes juga menampung investasi masyarakat untuk pengembangan usaha. Pola investasi ini membuat masyarakat merasa memiliki usaha ini, tidak sekadar merasa ini sebagai usaha desa. Akhirnya, seluruh masyarakat bekerja keras untuk menyukseskan usaha.

Ide pengembangan pupuk organik tersebut berawal dari keresahan masyarakat akan tingginya jumlah pelepah dan daun kelapa sawit yang cenderung menimbulkan hama. Mereka mengusulkan ide itu melalui musyawarah desa.

Pemerintah Desa menggandeng perguruan tinggi dan lembaga lainnya untuk melakukan penelitian yang menunjang pengembangan usaha desa tersebut. Pemerintah desa mengundang Universitas Jambi, UGM, dan perusahan-perusahaan besar yang ada di Jambi.

Untuk pemasaran, BUM Desa Dataran Kempas bekerjasama dengan pihak swasta, yakni PT WKS untuk menjadi off-taker.

Gerbang Tani mendukung dan mengapresiasi berbagai inovasi dan kreativitas di dunia pertanian di Indonesia. Inovasi dan kreativitas adalah modal dasar untuk mewujudkan Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia.

Yossy Suparyo
%d bloggers like this: